Inilah Jenis – Jenis pijat ( Massage ) dan Manfaatnya

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Inilah Jenis - Jenis pijat ( Massage ) dan Manfaatnya
Layanan Pijat di Haven Light Clinic

Badan terasa pegal setelah seharian bekerja memang akan membuat badan tidak nyaman dan gelisah? Berarti tandanya tubuh Anda membutuhkan penyembuhan. Eits, penyembuhan tidak harus selalu dengan obat loh, karena pijat terapi juga bisa mengatasi masalah pegal-pegal secara efektif. Pijat dapat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang sehingga badan akan kembali rileks dan nyaman. Namun, tahukah Anda bahwa beda pijat beda pula manfaatnya loh. Berikut jenis pijat dan manfaatnya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : Sulam Alis – Pengertian, Persiapan, Proses, dan Cara Perawatan

Jenis – Jenis pijat (Massage) dan Manfaatnya

 

1. Pijat Tradisional (Javanese)

Pijat ini terkenal di Indonesia dengan istilah urut, khususnya di daerah pedesaan. Teknik pemijatan ini dengan telapak tangan dan ibu jari. Area tubuh yang pegal ditekan dengan kuat dan hingga otot menjadi lemas dan rileks. Sehingga tubuh menjadi terasa segar. 

2. Pijat Refleksi

Jenis Pijat ini berasal dari China yang lebih terfokus pada pada kaki dan tangan saja – tidak sampai ke seluruh tubuh. Cocok bagi Anda yang gampang merasa geli saat bagian tubuh tertentu terkena sentuhan. 

Kenapa harus tangan dan kaki? Kaki dan tangan merupakan area tubuh yang memiliki akupresur yang terhubung dengan organ dalam atau bagian tubuh lainnya. Jika Anda menderita salah satu penyakit pada organ dalam tubuh Anda, biasanya terapis / pemijat akan mengetahui melalui pijatan di kaki. Oleh karena itu, pijat refleksi ini sering dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai masalah organ dalam, seperti jantung, pencernaan, hingga kesuburan.

3. Pijat Balinese

Sesuai dengan namanya, pijat Balinese merupakan pijat tradisional yang berkembang di Provinsi Bali, namun jenis pijat ini juga dipengaruhi oleh sistem pengobatan tradisional Indonesia, China, dan Asia Tenggara.

Teknik pijatan ini melibatkan kombinasi teknik pijat, akupresur (tekanan), refleksi, dan aromaterapi ke dalam satu sesi. 

Salah satu tujuan utama pijat Balinese ini adalah terciptanya kondisi pikiran yang rileks. Cocok untuk membantu mengendurkan otot-otot yang kaku dan mengurangi rasa sakit. 

Untuk menikmati pijatan ala pulau dewata ini tak perlu bertandang jauh ke Bali. Haven Light Clinic menyuguhkan untuk Anda.

4. Pijat Shiatsu

Pijat shiatsu merupakan jenis pijat terapi yang berasal dari Jepang. Jenis pijat ini berfokus pada aliran saraf dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Proses pemijatan ini lebih banyak dilakukan dengan gerakan stretching (peregangan), sehingga sangat cocok untuk Anda yang memiliki aktivitas fisik yang melelahkan dan mudah pegal.  

Pijat shiatsu juga menggunakan metode pijat yang dapat menyeimbangkan, mempertahankan, dan memulihkan keseimbangan energi tubuh. Hasilnya, stres dan gejala depresi bisa ditentralkan setelah pemijatan.

5. Pijat Lomi – lomi – Hawaiian

Lomi lomi adalah pijat tradisional yang berasal dari Hawaii yang menggunakan kombinasi pijatan dengan minyak kelapa, dan pernapasan. 

Lomilomi sendiri dalam bahasa Hawaii berarti menggosok. Karena itu, pada setiap pijatannya dilakukan dengan menggosok mengalir secara lembut terus menerus. Pijatan ini dapat membuat tubuh Anda terasa sangat rileks. Pijat jenis ini sangat cocok untuk Anda ingin melepaskan kepenatan, kelelahan tanpa rasa sakit.

6. Pijat Tuina

Pijat tuina adalah pijat terapi yang berasal dari Cina. Jenis pijatan ini biasanya dilakukan bersamaan dengan pengobatan lain, seperti akupuntur. Tuina bisa membantu mengatasi jenis-jenis penyakit yang ditimbulkan oleh masalah pada chi. Dimana masyarakat Cina percaya bahwa Qi adalah tenaga dalam pada setiap manusia. Qi mengalir di tubuh manusia melalui titik akupuntur yang berbeda. Titik akupuntur yang tersumbat dapat mengganggu aliran tenaga dan keseimbangan chi, lalu tumbuh menjadi penyakit atau menimbulkan nyeri.

Pada bagian titik akupuntur, pemijat akan menekannya dengan tekanan yang lebih kuat untuk melepaskan penyumbatan serta melancarkan aliran chi.

Pijat tuina aman dipraktekan pada segala usia, dari bayi, anak, hingga orang dewasa. Mau mencoba?

7. Pijat Hot stone

Memang tidak sepopuler pijat lainnya, tetapi pijat hot stone (batu panas) sudah banyak SPA dan tempat pijat di kota- kota besar  yang menawarkan pijat hot stone, termasuk salah satunya Haven Ligh Clinic.

Berasal dari Cina, dan telah dipraktekan sejak 2000 tahun lalu, pijat Hot Stone  menerapkan teknik pijat yang memanfaatkan batu basal datar yang telah direndam dalam air panas, lalu ditempatkan di area tubuh tertentu. Batu basal ini dipilih karena batuan vulkanik dapat menahan panas.

Pijat Hot stone bermanfaat untuk meredekan nyeri, meredakan stress, mengendurkan ketegangan, menurunkan resiko kejang otot, dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Dari ketujuh jenis pijat tersebut, mana yang sudah pernah Anda coba? Buat Anda yang sedang berkunjung ke Kota Malang atau yang berdomisili ke kota Malang, Anda dapat mencoba pijat di Malang, di Haven Light Clinic dengan melakukan reservasi terlebih dahulu melalui secara online maupun via telepon. Haven menyediakan beragam pilihan pijat yang dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Datang dan rasakan nikmatnya pijatan terbaik dari Haven.

Reservasi untuk Perawatan Anda